SBY Harus Turun Tangan Tuntaskan Polemik Kasus Susno

J93yLgns9tJakarta – Pakar Hukum Tata Negara Universitas Indonesia (UI) Budidarmono berpendapat, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) perlu turun tangan dalam menyelesaikan polemik eksekusi terhadap mantan Kabareskrim Polri, Komjen Pol (Purn) Susno Duadji. 

Hingga saat ini, Kejaksaan masih tidak berdaya dalam memboyong mantan Kapolda Jawa Barat tersebut. Padahal, Mahkamah Agung (MA) sebagai instansi yang menjatuhkan vonis telah menyatakan penafsiran siapa yang berwenang dalam mengeksekusi Susno.

“Ini masalahnya ada di pihak penegak hukum, Kejaksaan menyatakan terhalang oleh Kepolisian, sedang Kepolisian terkesan melindungi Susno. Presiden sebagai atasan dari Kepolisian dan Kejaksaan harus turun tangan menyelesaikan ini. Ini tanggung jawab Presiden,” ujar Budidarmono saat berbincang dengan, di Jakarta, Minggu (28/4/2013) malam.

Menurutnya, gagalnya eksekusi terhadap Susno, dapat dianggap sebagai polemik penuh sensasi untuk menutupi kasus-kasus yang lebih besar.

“Sebenarnya eksekusi Susno sangat sederhana, masalahnya ada di Kepolisian. Kenapa polisi mengorbankan reputasinya, ada apa dibalik itu? Apakah Susno punya kartu truf, sehingga polisi harus melindungi dia?” cetus Budi.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan telah memutuskan Susno bersalah dalam dua perkara korupsi, yakni kasus penanganan perkara PT Salmah Arowana Lestari (SAL) dan kasus dana pengamanan Pilkada Jawa Barat 2008.

Terkait PT SAL, dia didakwa karena menerima hadiah Rp500 juta untuk mempercepat penyidikan kasus itu. Saat itu dia menjabat sebagai Kabareskrim. Sedangkan saat dirinya menjabat sebagai Kapolda Jabar, dia diduga memotong dana pengamanan sebesar Rp4,2 miliar untuk kepentingan pribadi.

Atas perbuatannya, Susno diganjar hukuman 3,5 tahun penjara. Mendapat vonis ini, Susno lantas mengajukan Kasasi. Namun, MA menolak kasasi Susno. Susno telah tiga kali mangkir dari panggilan Kejaksaan sehingga kini ia masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) alias buron.

Tentang Farhad's Blog

Muda dan Mandiri
Pos ini dipublikasikan di Umum dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s