Politikus Kutu Loncat Terancam Tak Lolos Verifikasi

90675

Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember, Jawa Timur, Ketty Trisetyorini, mengancam tidak akan meloloskan anggota DPRD yang kini menjadi calon anggota legislatif (caleg) dari partai lain. “Jika tidak mengundurkan diri dari DPRD, kami pastikan tidak akan lolos verifikasi,” katanya, Jum’at, 26 April 2013.

Ketty menjelaskan, sesuai peraturan KPU 13/2013 pasal 19 huruf i angka 2, anggota DPRD atau DPR-RI harus melampirkan surat pengunduran diri sebagai anggota DPRD atau DPR-RI ketika mencalonkan diri sebagai anggota legislatif pada Pemilu 2014 dari partai politik lain.

Menurut Ketty, saat ini KPU Jember masih melakukan verifikasi terhadap berkas yang telah diterima dari 12 partai politik yang dinyatakan lolos sebagai peserta Pemilu 2014. »Caleg yang pernah terkait kasus hukum juga tidak akan kami loloskan,” ujarnya.

Angota tim verifikasi KPU Jember Itok Wicaksono mengatakan, dalam proses verifikasi akan diperiksa apakah semua partai politik secara terbuka mencantumkan status caleg yang diajukannya. Termasuk yang pernah terlibat kasus hukum. »Kami akan melakukan pengecekan, termasuk kepada lembaga hukum,” ucapnya.

Dari informasi yang dihimpun Tempo, ada sejumlah anggota DPRD Jember yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif pada Pemilu 2014 melalui partai politik lain. Sebab partainya tidak lolos verifikasi KPU sebagai peserta Pemilu 2014. Di antaranya dari Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU).

Ada di antara mereka yang mencalonkan diri melalui Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Namun sampai saat ini mereka menolak menjawab pertanyaaan apakah sudah mengundurkan diri sebagai anggota DPRD.

“Sampai saat ini belum ada yang mengajukan pengunduran diri sebagai anggota DPRD,” tutur Wakil Ketua DPRD Jember dari PKNU, Marzuki. Dia mengatakan akan memanggil anggota Fraksi PKNU DPRD Jember yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif pada Pemilu 2014 melalui partai politik lain.

Tentang Farhad's Blog

Muda dan Mandiri
Pos ini dipublikasikan di Politik dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s