KPK kembali usut pejabat Kemenpora dalam korupsi Hambalang

download (14)

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil seorang pejabat Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam kasus dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa pembangunan proyek olahraga Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Pejabat yang dipanggil yaitu Kepala Bidang manajemen industri olahraga Dedi Rosadi. “Sebagai saksi untuk tiga tersangka,” ujar Kabag Pemberitaan dan Informasi Priharsa Nugraha, Rabu (24/4).

Dedi akan diperiksa untuk Deddy Kusdinar, Andi Alifian Mallarangeng dan Teuku Bagus Mohammad Noor. Ketiganya telah ditetapkan tersangka oleh KPK.

Proyek Hambalang dimulai pada tahun 2003. Pembangunan proyek itu bertujuan untuk menambah fasilitas latihan olahraga. Pada tahun 2004-2009, proyek tersebut dipindah ke Kemenpora dengan pengurusan sertifikat tanah Hambalang, studi geologi serta pembuatan masterplan.

Pada 2009, anggaran pembangunan diusulkan menjadi sebesar Rp 1,025 triliun kemudian pada 2010 kembali diminta penambahan kebutuhan anggaran menjadi Rp 1,175 triliun melalui surat kontrak tahun jamak dari Kementerian Keuangan.

Dari kebutuhan anggaran sebesar Rp 1,175 triliun, hanya Rp 275 miliar yang mendapat pengesahan. Jumlah itu berasal dari APBN 2010 sebesar Rp 125 miliar dan tambahan Rp 150 miliar melalui APBN-P 2010. Anggaran tersebut bahkan bertambah menjadi Rp 2,5 triliun karena ada pengadaan barang dan jasa.

Disebut-sebut dua nama menteri yakni Mantan Menpora Andi Mallarangeng dan Menkeu Agus Martowardojo yang paling bertanggung jawab akibat kebijakan tersebut. Diduga pemenang tender Adhi Karya-Wijaya Karya mengalirkan uang ke kongres pemenangan Anas Urbaningrum untuk menjadi Ketua Umum Partai Demokrat pada 2010.

Andi sendiri telah ditetapkan tersangka bersama petinggi Adhi Karya, Teuku Bagus.

Tentang Farhad's Blog

Muda dan Mandiri
Pos ini dipublikasikan di Hukum dan tag , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s