Gelar Konvensi, Demokrat Akui Bisa Blunder

11

Jakarta – Partai Demokrat telah memutuskan menggelar konvensi untuk menjaring calon presiden yang akan diusung pada pemilihan presiden 2014 mendatang. Tapi, diakui Partai Demokrat konvensi tersebut bisa membuat partai berlambang mercy itu blunder dan justru ditinggalkan pemilih.

“Kuncinya di sosialisasi, bagaimana aturan konvensinya, kalau ujung-ujungnya diserahkan kepada ketua umum, rakyat tentunya akan menilai konvensi itu hanya bohong-bohongan saja, dan justru bisa blunder. Kita akan dihukum rakyat”, kata Ketua DPP partai Demokrat Gede Pasek Suardika, sabtu (20/4/2013).

Dikatakan Pasek, mekanisme konvensi sebenarnya telah disampaikan sejak beberapa tahun lalu. “Ketika itu pak Mubarok dan saya menyampaikan usul konvensi ini, tapi soal mekanismenya saya tidak tahu. Konvensi ini kemungkinan akan dilakukan secara bertahap”, katanya.

Menurut Pasek, partai Demokrat telah siap dengan segala konsekuensi pelaksanaan konvensi, termasuk bila tokoh yang menang dalam konvensi adalah tokoh dari luar partai Demokrat. “Itu konsekuensinya, mau tidak mau harus siap”, ujar Pasek.

Sebelumnya, Anggota Majelis Tinggi PD Marzuki Alie, mengatakan, penentuan capres akan ditentukan melalui konvensi sesuai dengan arahan ketua umum partai Demokrat. “Konvensi akan dimulai pada bulan Agustus, kemudian selama empat bulan ada debat diantara kandidat, barulah kemudian akan disampaikan siapa yang akan diusung partai demokrat”, kata Marzuki.

Menurutnya, tidak semua orang yang mendaftar bisa menjadi capres, dikarenakan adanya sistem seleksi yang terlibat dalam konvensi. “Sekitar bulan Juni-Juli akan dibentuk komite seleksi, menentukan siapa yang akan ikut dalam primary konvensi karena tidak semua orang bisa mendaftar”, tuturnya.

Dijelaskannya, metode dalam sistem konvensi ini setiap calon diberikan kesempatan untuk menjelaskan visi dan misinya didepan masyarakat. “Debat antar kandidat sehingga masyarakat akan mengikuti terus. Semua yang masuk dalam primary tadi ikut dalam debat itu”, tuturnya.

Tentang Farhad's Blog

Muda dan Mandiri
Pos ini dipublikasikan di Politik dan tag , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s